Selamat Datang! Terima kasih telah berkunjung. Berkah Dalem.

Pekan Doa Sedunia untuk Kesatuan Umat Kristiani


      Minggu depan, 18  - 25 Januari 2014, adalah Pekan Doa Sedunia (PDS) untuk Persatuan Umat Kristiani.  PDS dimulai tanggal 18 Januari, bertepatan dengan Pesta St. Petrus, dan diakhiri tanggal 25 Januari, bertepatan dengan Pesta Pertobatan St. Paulus.
      Penetapan PDS di antara dua pesta Soko Guru Gereja itu mempunyai arti simbolis untuk kesatuan itu sendiri. Saat ini gerakan ekumenis ini sudah diikuti oleh berbagai denominasi Kristiani, misalnya Anglikan, Protestan, Ortodoks, dan Katolik. 
      PDS digagas tahun 1908 oleh Pastor Paul Wattson, seorang imam Anglikan dari Amerika Utara yang kemudian menjadi seorang Katolik
(www.hidupkatolik.com, katolisitas.org). Selama PDS, umat dianjurkan berdoa setiap hari untuk persatuan Umat Kristiani. 

Teks doa adalah sebagai berikut: 

Doa untuk Kesatuan Umat Kristen 

Bapa yang maha pengasih dan penyayang, menjelang akhir hidup-Nya, Yesus berdoa bagi para murid-Nya, “Semoga mereka semua bersatu, seperti Engkau, ya Bapa, ada dalam Aku dan Aku dalam Dikau; supaya mereka juga bersatu dalam Kita, agar dunia ini percaya bahwa Engkau mengutus Aku.” 

Maka kami mohon ya Bapa: semoga semua orang Kristen bersatu padu dan giat mengusahakan kesatuan. Semoga seluruh pemimpin umat-Mu semakin menyadari perlunya kesatuan. Musnahkanlah sandungan akibat perpecahan umat Kristen. Semoga persatuan umat Kristen merupakan sumber perdamaian, dan tanda kasih Kristus bagi seluruh umat manusia. 

Bapa, Tuhan Yesus Kristus telah bersabda kepada para rasul, “Damai Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu”. Janganlah Kaupandang dosa-dosa kami, melainkan kepercayaan umat-Mu, dan berikanlah damai serta persatuan kepada kami sesuai dengan kehendak-Mu. Pandanglah kawanan domba Yesus. Semoga semua, yang telah dikuduskan oleh satu pembaptisan, dipererat pula oleh persatuan iman dan ikatan kasih. Buatlah kami semua menjadi satu kawanan dengan Yesus sendiri sebagai satu-satunya Gembala, yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, sepanjang segala abad. Amin.