Selamat Datang! Terima kasih telah berkunjung. Berkah Dalem.

Pesta Nama Paroki:
Kaum Muda Berharap

Apa harapan kaum muda atas perkembangan parokinya di masa mendatang?  Pertanyaan tersebut kiranya relevan, terutama terkait dengan HUT ke-4 Paroki St. Petrus & Paulus Babadan, serta HUT ke-53 Gereja Babadan,  yang jatuh pada Senin (29 Juni 2015).

Relevansi pertanyaan tersebut semakin mengemuka apabila dikaitkan dengan apa yang dikemukakan Br. Dr. Gregorius Bambang Nugroho FIC dalam Rekoleksi Anggota Dewan Paroki St. Petrus & Paulus Babadan. di Aula Pantai Paroki Minggu (31 Mei 2015) (lihat Rekoleksi).  Menurut Br. Bambang, Gereja yang dinamis adalah gereja kaum muda. Apakah gereja akan berkembang atau tidak akan ditentukan oleh sejauh mana kaum muda berperanserta aktif dalam kehidupan menggereja.


Pertanyaan di ataslah yang diajukan kepada 12 anggota PA Paroki Babadan, saat mereka mengadakan pertemuan di Gereja Babadan, Kamis (25-06_2015).

Pertemuan tersebut diselenggarakan untuk membahas keberangkatan ke Ambarawa.  Dari 12 anggota PA yang hadir saat itu, 10 di antaranya akan berangkat  Sabtu (27 Juni 2015) Paroki St. Petrus & Paulus Babadan berangkat mengikuti Temu Putra-Putri Altar & Expo Panggilan yang diselenggarakan Sabtu – Minggu (27 – 28 Juni 2015) di Kompleks Goa Maria Kerep Ambarawa. Acara tersebut dilaksanakan sebagai bagian ungkapan syukur ulang tahun ke-75 Keuskupan Agung Semarang.

Ke-12 peserta pertemuan hari Kamis itu menuliskan harapannya.  Redaksi pertanyan telah disunting menjadi:  Apa harapanmu tentang paroki kita di masa mendatang?  Berikut harapan mereka, dimuat seperti yang mereka tuliskan.

Lintang Lanang Rhisang Dalu (Lintang) — Kls. 1 SMA Saya ingin paroki kita lebih terjaga kebersihannya, dan setiap warga paroki dapat ikut serta dalam kegiatan paroki.
Joannes Whyu Kurniawan (Joannes) – Kls. 3 SMP Agar kegiatan di gereja semakin diperbanyak dan seru. Tidak seperti Pesta Nama tahun ini. TIdak seperti acara PIR kelihatan garing acaranya. Semakin dipererat antara PIR, PA, OMK, dan organisasi gereja lainnya.
Laura Pasaribu (Laura) – Kls. 2 SMA Saya berharap agar umat semakin sadar untuk ikut ambil bagian dalam hidup menggereja. Paroki mengalami regenerasi, sehingga umat dan kegiatan menggereja lainnya dapat lebih berkembang.
Yosephine Lithany AH (Lithany)– Kls. 2 SMP Harapan saya adalah agar gereja ini semakin berkembang dan saya ingin Rm. Tri tetap bertugas di paroki ini. Lebih banyak kegiatan rohani yang menyenangkan (ada outbond-nya). Jika ada acara sebaiknya dibuat semenarik mungkin dan intinya gereja ini semakin baik.
Rosa Kinanthi Widha Wahitha (Rosa) – Kls. 1 SMA Semoga Paroki Babadan bisa selalu menjadi wadah, khususnya bagi para remaja dalam mengembangkan diri melalui kegiatannya sebagai salah upaya positip membentuk generasi berkualitas. Jaya!!!
Th Chrisna Bagas Adiyoso (Chrisna) – Kls. 1 SMA Harapan saya adalah semoga gereja Paroki Babadan cepat selesai pembangunannya. Saya juga berharap gereja Cangkringan mempunyai Romo sendiri, agar Rm. Tri tidak capek bolak-balik. Saya juga berharap ada kesadaran remaja-remaja di Paroki Babadan untuk mengikuti PIR. Dan semoga organisasi-organisasi di gereja dapat diikuti dengan lancar.
Vincentia Blyarta N (Jessa) – Kls. 1 SMA Menurutku, alangkah lebih baik jika iman dan paroki yang dibangun bukan “bangunannya,” tapi lebih baik menumbuhkan iman warganya. Kalau diperhatikan, pertemuan rutin PIR jarang bisa ramai, itu kan juga karena kurangnya perhatian paroki pada PIR. Coba anggarannya dipakai untuk membuat acara PIR yang menarik, pasti banyak yang datang dan lebih berkembang imannya. Mungkin terlalu muluk, tapi sepertinya lebih bagus kalau yang dibangun dalamnya, bukan luarnya.
Christoporus Risang Kurniawan – Kls. 1 SMA Saya berharap semua anggota paroki dapat terlibat dalam pembangunan dan kehidupan menggereja. Semoga juga mendapatkan gembala yang baru yang dapat mendampingi gembala yang sekarang.

Benedith Maria Pasaribu (Maria) – (Lulus SMA, mau kuliah Semester 1)
Saya berharap agar orang-orang yang selama ini “tidur” bisa segera “bangun” kembali, karena tidak selamanya kita sebagai warga gereja hanya “tidur” saja. Selain itu, siapapun Romo baru kita kelak, semoga bisa sebaik Rm. Tri. Amin.
Gabrial Gradi Mahendra (Gradi) – Pendamping PA Saya ingin ada lebih banyak pohon perindang di dalam kompleks gereja. Saya berharap ada lebih banyak mudika yang dilibatkan, diberi pengalaman kepanitiaan kegiatan gereja. Saya berharap ada banyak lagi pendamping kaum muda dan remaja.

Willigis Bintang Timur Agung (Bintang) – Kls. 6 SD
Harapanku tentang paroki kita di masa mendatang semoga paroki kita tambah maju.
Eduardus Krisna Pamungkas (Krisna) – Kls. 1 SMP Kegiatan diperbanyak dan diserukan. Mudika semakin aktif dalam semua kegiatan. Memperbanyak ziarah, Menyumbangkan pakaian dan uang untuk panti asuhan.
     Apa yang dikemukakan di atas sudah tentu tidak dapat disebut mewakili kaum muda di Paroki St. Petrus & Paulus Babadan. Namun setidaknya mereka mempunyai harapan dan menyuaraannya.(prp)***