Selamat Datang! Terima kasih telah berkunjung. Berkah Dalem.

Dari LPJ, ke Monev, ke Programasi 2015

Mengawali Tahun Hidup Bakti 2015, penyusunan dan penyerahan LPJ setiap bidang, tim kerja, maupun kelompok kategorial dan paguyuban di Paroki St. Petru & Paulus Babadan, yang dilaksanakan di Seminari Tinggi OMI, Condong Catur, Minggu (18/01/'15).berbeda dengan penyusunan LPJ sebelumnya.

     Biasanya, kapan dan di mana penyusunan LPJ dilakukan,   diserahkan kepada masing-masing penyusun laporan. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan secara serempak  Semua bidang, tim kerja, serta kelompok kategorial dan paguyuban, bersama-sama menyusun LPJ secara paralel, dengan menggunakan template LPJ yang telah disiapkan Litbang.  Setiap bidang menyusun LPJ masing-masing dalam diskusi kelompok dan diharapkan bisa selesai hari itu juga. 
      Cara yang berbeda itu ditempuh untuk menghindari keterlambatan,  yang sering  terkendala oleh kesulitan menyepakati waktu pertemuan setiap bidang untuk penyusunan LPJ.
 

Syukur, Evaluasi, dan Refleksi
     Pertemuan penyusunan LPJ tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Paroki, Jaya Supena, yang menyampaikan hasil pertemuan Tepas KAS di Sangkal Putung,  Klaten (14 - 16 Jan 2015).  Sesuai pengarahan DKP KAS, ada tiga hal yang menjadi dasar programasi setiap paroki KAS untuk tahun 2015:  Syukur, Evaluasi, dan Refleksi. 
    Melalui ungkapan syukur, seluruh umat Katolik KAS diajak merayakan betapa indah mengikuti Yesus Kristus dengan pelaksanaan ARDAS KAS 2011 - 2015 pada tahun Hidup Bakti.  Melalui Evaluasi, diperoleh gambaran mengenai proses dan hasil kegiatan pelaksanaan ARDAS KAS 2011 - 2015 sebagai bahan perbaikan dan perencanaan program selanjutnya. Sedang melalui refleksi, umat diajak untuk merefleksikan pelaksanaan ARDAS KAS 2011 - 2015 dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat.

Monev 
    Meski ditegaskan oleh Wakil Ketua DP bahwa LPJ diharapkan bisa selesai hari itu juga, namun pada praktiknya masih ada LPJ yang belum berhasil diselesaikan. Akhirnya disepakati penyerahan terakhir LPJ adalah hari Selasa (20/01/'15).
    Tenggat waktu tersebut diharapkan dipatuhi, sebab LPJ dari setiap bidang  menjadi bahan untuk kegiatan monve (monitoring dan evaluasi) yang akan diselenggarakan Minggu (25/01/'15) di tempat yang sama. Jadi, perlu waktu untuk menyusun rekapitulasi seluruh LPJ, sehingga monev bisa dilakukan.

Programasi 2015
    Selain monev, Rencana Program 2015 juga akan dibahas pada pertemuan. Setiap bidang diharapkan sudah menyerahkan Rencana Program 2015 paling lambat Kamis (22/01/'15).
    Mengacu arahan DKP KAS, telah ditetapkan 12 sasaran program 2015, bertitik-tolak dari ketiga hal: Syukur, Evaluasi, dan Refleksi.
     Ketiga hal tersebut diharapkan mendasari setiap rencana program terkait dengan upaya menumbuhkan iman mendalam dan tangguh sehingga diharapkan bisa mendukung gerakan dalam Tahun Hidup Bakti;  pengembangan kesadaran umat untuk semakin berperan dalam kegiatan sosmaspol;  upaya peningkatan solidaritas umat bagi kaum KLMTD, termasuk dukungan pada implementasi Sistem Jaminan Kesehatan Nasional; serta kegiatan pelestarian keutuhan ciptaan, termasuk edukasi dan penanggulangan bahaya Napza.***