Selamat Datang! Terima kasih telah berkunjung. Berkah Dalem.

Bulan ASG: Mendalami Iman dalam Kepedulian Kasih

Pendalaman Ajaran Sosial Gereja (ASG) akan diselenggarakan di setiap Lingkungan Paroki St. Petrus & Paulus Babadan bulan Agustus ini.  Pendalaman tersebut berlangsung dalam lima kali pertemuan.
     Tujuan pendalaman tersebut agar umat bisa melihat apa yang dipikirkan, diprihantinkan, diajarkan dan diupayakan Gereja dalam memberi sumbangan bagi kehidupan yang lebih baik.
     Pendalaman diharapkan bukan sekedar meningkatkan pengetahuan, melainkan menjadi kesempatan bagi umat lingkuingan untuk berbagi pengalaman dan belajar bersama. Sehubungan dengan itu, dianjurkan agar pada pertemuan terakhir dibahas bersama apa yang akan menjadi ujud niat umat setiap lingkungan, bisa berupa kepedulian untuk saling melayani terutama terhadap yang membutuhkan atau untuk membuat aksi pelestarian lingkungan hidup.
     Sebagai materi pendalaman yang digunakan dalam pertemuan, telah dibagikan kepada setiap lingkungan dua panduan. Panduan pertama memuat bahan doa, renungan, dan pertanyaan untuk sharing (berbagi pengalaman). Sedang panduan kedua memuat bahan katakese tentang Sejak kapan bulan Agustus menjadi Bulan ASG, Apakah yang dimaksud dengan ASG, Prinsip-prinsip pokok yang diajarkan ASG,
Nilai-nilai moral dasar yang diperjuangkan ASG, dan Sekilas mengenai Ensiklik terbaru Paus Fransiskus "Laudate Si."    Sebagai tambahan, disertakan pula uraian ringkas dokumen-dokumen ASG. 

      Di Keuskupan Agung Semarang, sejak 2011, bertepatan dengan peringatan 110 tahun ensiklik "Rerum Novarum", bulan Agustus ditetapkan sebagai "Bulan Ajaran Sosial Gereja."