Selamat Datang! Terima kasih telah berkunjung. Berkah Dalem.

Mengaku Dosa


Banyak mana, antara yang pernah mengaku dosa dan yang tidak? Seberapa sering seseorang mengaku dosa?
      Kitab Hukum Kanonik 988 (KHK) Ps.1 – “Orang beriman Kristiani wajib mengakukan dosa berat…”; Ps. 2:  “Dianjurkan kepada umat Kristiani agar juga mengakukan dosa-dosa ringan.” KHK 989 – “Semua orang beriman, sesudah sampai pada usia membuat diskresi, wajib dengan setia mengakukan dosa-dosa beratnya, sekurang-kurangnya sekali setahun.”
      Sabtu (31 Maret ’12) dan Minggu (1 April ’12) survei dilakukan untuk mengetahui berapa kali umat mengaku dosa dalam setahun dan apakah mereka merasa gelisah kalau tidak mengaku dosa. Dibagikan 400 lembar survei,  kembali 227 lembar.  Hasil berikut tidak mewakili seluruh umat Gereja St. Petrus & Paulus Babadan.     
  

Hasil di atas menunjukkan responden yang menyatakan pernah mengaku dosa jauh  lebih banyak.  Lalu, bagaimana perasaan mereka kalau tidak mengaku dosa?


Responden yang selalu gelisah (36 %) dan yang sering merasa gelisah (29%) lebih banyak dibanding yang kadang-kadang (19%) dan jarang merasa gelisah (3%).

Bagaimana dengan mereka yang tidak pernah mengaku dosa? Apakah juga gelisah?

 

Yang merasa selalu gelisah dan yang sering gelisah karena tidak mengaku dosa 36 %.  Sedangkan yang kadang-kadang merasa gelisah, sangat jarang gelisah, dan tidak pernah gelisah, sebanyak 66 %. Apakah ini bisa dimaknai bahwa karena hanya kadang-kadang gelisah karena tidak mengaku dosa, atau sangat jarang atau tidak pernah gelisah, maka itu menjelaskan mengapa tidak mengaku dosa?***